PUSKESMAS AFIRMASI WAE LENGGA DIHARAPKAN MENJADI TEMPAT KONSULTASI KESEHATAN BAGI MASYARAKAT

Written by Super User. Posted in Berita Kegiatan

Manggarai Timur – MC – Bupati Manggarai Timur Agas Andreas meresmikan Puskesmas Afirmasi Wae Lengga di Kecamatan Kota Komba pada Kamis (28/03). Puskesmas Afirmasi Wae Lengga merupakan salah satu dari empat puskesmas afirmasi yang dibangun di Kabupaten Manggarai Timur menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Tahun 2018 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peresmian Puskesmas Afirmasi Wae Lengga ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatangan prasasti oleh Bupati Manggarai Timur.

Dalam sambutannya, Bupati Manggarai Timur mengharapkan Puskesmas Afirmasi Wae Lengga menjadi tempat pelayanan kesehatan yang baik dan yang paling terdepan dalam hal sosialisasi dan promosi kesehatan sebagai tindakan pencegahan untuk masalah-masalah kesehatan yang ada di masyarakat.

Beliau juga menekankan agar para petugas kesehatan di puskesmas memberi pelayanan dengan hati yang tulus dan menyentuh jiwa masyarakat yang datang memeriksa kesehatan. Untuk itu Puskesmas Afirmasi Wae Lengga juga harus menjadi tempat untuk konsultasi kesehatan bagi masyarakat. “Puskesmas ini harus menjadi tempat bagi masyarakat untuk melakukan konsulstasi kesehatan," kata Agas Andreas.

Pada kesempatan ini, Bupati Manggarai Timur juga meresmikan empat puskesmas baru, yakni Puskesmas Lenang, Puskesmas Peot, Puskesmas Runus, dan Puskesmas Kisol.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, dr. SuripTintin, menjelaskan bahwa puskesmas-puskesmas baru ini merupakan penjabaran dari upaya Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur untuk memudahkan pelayanan di daerah-daerah yg terpencil. Empat puskesmas baru ini dibangun pada tahun 2017 dengan dana DAK reguler. Pada tahun 2019 akan dibangun lagi tiga Puskesmas Afirmasi di tiga lokasi, yakni Puskesmas Elar, Puskesmas Benteng Jawa dan Puskesmas Pota. (red.)

Print