Bupati Manggarai Timur meresmikan Puskesmas Afirmasi Tilir

Bupati Manggarai Timur meresmikan Puskesmas Afirmasi Tilir, Desa Benteng Riwu, Kecamatan Borong pada Senin (06/05). Puskesmas Tilir merupakan salah satu dari empat puskesmas afirmasi yang dibangun di Kabupaten Manggarai Timur tahun 2018.

Bupati Andreas dalam sambutannya menyampaikan bahwa puskesmas sebagai fasilitas kesehatan harus mampu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat sehingga mampu memberi dampak positif bagi kesembuhan pasien.

Pelayanan kesehatan harus menyentuh semua sisi kehidupan warga. "Puskesmas ini jangan hanya menyembuhkan orang yang sakit tetapi juga melayani konsultasi kesehatan dan promosi kesehatan.", tegas Bupati Agas.

Pada kesempatan ini Bupati Agas juga mengajak masyarakat yg hadir untuk menjalani pola hidup sehat dan mengurangi kebiasaan dan gaya hidup yg merusak kesehatan. "Dengan hidup sehat maka produktifitas kita akan meningkat dan lebih berdampak pada peningkatan ekonomi," lanjutnya. 

Untuk itu beliau berpesan kepada kepala puskesmas agar mampu mengurangi jumlah pasien. "Kepala puskesmas jangan bangga kalau banyak pasien yg datang berobat tetapi berbangga kalau berhasil mengurangi jumlah orang yg sakit karena pola hidupnya sehat.", kata Bupati Agas.

Ditambahkannya agar semua petugas kesehatan mampu menjaga kerjasama diantara sesama petugas sehingga lebih maksimal dalam memberikan pelayanan.

Bupati Agas juga meminta agar pelayanan kesehatan kepada para lansia lebih optimal sehingga mampu meningkatkan harapan hidup mereka. 

Puskesmas Afirmasi Tilir dibangun dengan anggaran 5,3 milliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus Afirmasi pemerintah pusat guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. (red.)

Print