Memilih Cemilan Untuk Orang Tua Saat Lebaran

Written by Super User. Posted in Tips Kesehatan

Ibarat hari kemenangan, setelah berpuasa selama sebulan penuh, Lebaran disambut dengan meriah. Berbagai masakan dan minuman pun kita coba sajikan di meja makan, saat hari raya itu. Umumnya orang Indonesia, bisa juga Anda, akan menyediakan beragam camilan. Hingga jejeran toples kue kering tertata rapi, menggugah siapa pun untuk mencicipnya. Tapi bagaimana dengan camilan untuk orang tua? Di satu sisi, orang tua harus menjaga asupan makannya, namun tentunya mereka juga ingin merayakan hari besar dengan kudapan berbeda dari hari biasanya.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa melirik beberapa opsi camilan sehat bagi mereka. Misalnya saja stroberi berbalut cokelat. Selain rasanya yang enak, camilan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Seperti stroberi yang merupakan antioksidan, vitamin C, juga sebagai sumber serat makanan. Sementara cokelat mengandung polifenol yang bisa membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL), menurunkan kolesterol jahat (LDL), juga menurunkan tekanan darah. 

Pilihan camilan lainnya, Anda bisa membuatkan kue kering berupa granola bar. Untuk kudapan yang satu ini, Anda hanya perlu menyediakan oatmeal, irisan kacang almond, kelapa parut, biji gandum yang sudah dipanggang mentega tawar, madu, gula cokelat atau brown sugar, ekstrak vanila, garam, kurma, dan aprikot. Setelah semua tercampur dan taruh di loyang, panggang selama 30 menit. Jadilah camilan sehat dan mengenyangkan untuk orang tua Anda. 

Sementara bila Anda ingin memberikan camilan spesial, seperti bolu, gingerbread cake bisa menjadi pilihan tepat. Berbahan dasar jahe, kue basah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh orang tua. Sebab jahe diyakini bisa mengusir rasa mual, menjaga kesehatan pencernaan, juga membantu sirkulasi darah. Di sini lain, jahe mengandung anti-inflamasi dan anti-oksidan, untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Jahe juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C dan B6, juga mineral termasuk magnesium dan kalium. Untuk membuat gingerbread cake, berikut resepnya

Bahan:

 

Cara membuat:

  1. Campur mentega dengan sirup maple atau madu, aduk dengan mixer. Lalu tambahkan molase dan telur. Kocok dengan baik.
  2. Ayak bahan-bahan kering hingga tidak ada gumpalan. Masukan bahan kering secara bertahap dan bergantian dengan air, ke dalam adonan basah. Lalu masukan kismis dan kacang pecan, jika Anda menggunakannya.
  3. Setelah semua bahan teraduk rata, tuangkan adonan ke dalam loyang 9 inci yang sudah diolesi mentega dan tepung.
  4. Panggang dengan suhu 175 derajat Celcius selama 55 menit.
  5. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Untuk tampilan, Anda bisa menaburkan gula bubuk di atascake,juga beberapa stroberi. 

Di hari raya, Anda bisa menyajikan irisan gingerbread cake untuk orang tua tercinta, atau teman lama mereka yang bersilahturahmi ke rumah. 

Di samping camilan sehat, jangan lupa untuk menyertakan makanan cair tambahan, seperti susu. Selain membantu tulang sehat dan terlindung dari osteoporosis, susu juga bisa menjaga kekuatan dan massa otot. Bagi orang tua, kekuatan dan massa otot yang terjaga bisa membantu mereka dalam beraktivitas. Sehingga mereka dapat tetap aktif bersilahturahmi di hari raya.

Selain itu, susu bisa menjadi sumber protein, serat, lemak baik, serta vitamin, seperti vitamin D. SepertiEnsure dengan kalori 1 kkal/mL, menghasilkan energi 230kkal.

Dengan pilihan camilan yang sehat dan spesial, hari raya Lebaran pun akan berkesan untuk orang tua. Selamat hari raya! 

SOURCE

https://www.ucirvinehealth.org/blog/2017/02/chocolate-covered-strawberries

http://www.elder-one-stop.com/elderly-nutrition-snacks.html

https://www.foodnetwork.com/recipes/ina-garten/homemade-granola-bars-rec...

http://www.elder-one-stop.com/healthy-snack-recipes.html

http://www.elder-one-stop.com/gingerbread-cake.html

https://www.dairynutrition.ca/scientific-evidence/roles-on-certain-healt...

Print